Di era modern ini bekerja dapat dilakukan dimana saja. Bahkan banyak orang lebih memilih untuk bekerja dari rumah. Tak heran mereka memiliki satu ruang khusus yang didesain semenarik mungkin demi meningkatkan produktivitas saat menyelesaikan pekerjaannya. Mungkin Anda juga berencana untuk memiliki ruang kerja minimalis agar work from home semakin betah. Namun bagaimana cara menata ruang kerja yang nyaman pada rumah? Tak perlu bingung akan hal tersebut. Sebab artikel ini akan memberikan penjelasan terkait dengan tips mudah menata ruangan kerja di rumah agar bisa lebih nyaman.
1. Tentukan spot ruang kerja yang akan digunakan
Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menentukan spot ruang kerja yang akan digunakan. Pada tahap ini bersifat fleksibel. Artinya Anda sebagai orang yang akan menggunakan ruangan tersebut bisa memilih spot mana yang akan digunakan di dalam rumah. Sebenarnya ukurannya tergantung dari kebutuhan. Namun, pilihlah ruangan yang memiliki sumber pencahayaan alami. Selain itu, Anda sebaiknya memilih spot yang ada di dekat dengan jendela. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan sirkulasi udara yang cukup baik jika ruang kerja berada di area rumah yang dekat dengan jendela. Namun yang paling penting adalah Anda tidak memilih yang satu area dengan ruang tidur. Sebaiknya pisahkan antara ruang tidur dengan ruang kerja atau bahkan beda lantai juga bisa jadi alternatif yang bisa dipertimbangkan.
2. Pilih desain ruangan yang cocok
Tidak bisa dipungkiri dalam menciptakan ruang kerja maka kenyamanan adalah hal yang wajib pertimbangan. Anda sebagai calon pengguna ruangan tersebut juga bisa mempertimbangkan bagaimana desain yang akan digunakan. Pasalnya setiap orang juga memiliki desain favoritnya sendiri. Maka dari itu Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan dan tidak menghilangkan fungsi utama dari ruangan tersebut.
3. Pemilihan meja dan kursi
Tips selanjutnya adalah memilih meja dan kursi yang tepat. Meningat meja dan kursi yang akan dipilih juga bisa memberikan kenyamanan bagi Anda selama bekerja. Contohnya adalah ketika Anda ingin memiliki posisi peregangan badan yang enak dan nyaman. Maka Anda bisa memilih menggunakan meja dan kursi yang sedikit lebih tinggi daripada meja lesehan. Lalu jika Anda suka dengan posisi lesehan. Maka Anda bisa memilih meja lebih pendek tanpa ada kursi. Dari dua contoh tersebut bisa disimpulkan jika banyak pilihan furniture meja dan kursi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari meja kursi yang hendak Anda pilih agar tidak menyesal dikemudian hari.
Baca Juga : 4 Trik Jitu Menata Kamar Tidur Mungil Agar Makin Apik
4. Pilih area penyimpanan
Tips berikutnya adalah perhatikan dari segi penyimpanan. Bisa dibilang jika rutinitas pekerjaan tidak bisa terlepas dari yang namanya penyimpanan. Anda bisa mencoba memilih ruang penyimpanan sesuai dengan keinginan dan disesuaikan dengan ukuran ruangan kerja Anda. Misalnya, ketika Anda tidak mau terlalu banyak furniture di dalam ruang kerja maka Anda bisa memilih meja yang memiliki banyak laci. Namun jika Anda memang suka dengan barang-barang furniture di ruang kerja maka Anda bisa memilih untuk memisahkan antara meja kerja dengan rak maupun lemari penyimpanan.
5. Berikan sentuhan dekorasi
Tips terakhir adalah memberikan sentuhan dekorasi pada area ruang kerja guna mempercantik ruangan Anda. Sentuhan dekorasi juga bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi. Contohnya adalah Anda bisa memberikan sentuhan lukisan ataupun tumbuhan hias pada area ruang kerja. Dengan begitu ruang kerja akan terlihat semakin menarik bukan?
Nah itulah beberapa penjelasan tentang cara menata ruang kerja di rumah yang bisa Anda terapkan agar tercipta suasana WFH yang sangat nyaman. Semoga bermanfaat!