Membuat vertical garden atau taman vertikal pada hunian kini menjadi solusi bagi Anda yang  mendambakan suasana asri dan teduh dengan menghadirkan sebuah taman di dalam rumah. Hal ini cukup membantu Anda yang memiliki hunian dengan lahan yang terbatas. Lalu apa sih, yang dimaksud dengan vertical garden minimalis?

Vertical garden minimalis atau taman vertikal minimalis adalah suatu konsep desain taman vertikal yang dikombinasikan dengan desain minimalis. Sedangkan, taman vertikal sendiri adalah suatu konsep desain taman yang menggunakan dinding atau struktur vertikal sebagai media tumbuh tanaman. Sedangkan desain minimalis adalah gaya desain yang mengedepankan kesederhanaan dengan menghilangkan unsur-unsur dekoratif yang tidak diperlukan.

Dalam konteks ini, vertical garden minimalis mengacu pada konsep taman vertikal yang memiliki desain sederhana, tidak memakan banyak tempat, dan tidak memerlukan banyak tanaman untuk mencapai hasil yang indah. Biasanya, taman vertikal minimalis menggunakan struktur vertikal seperti rak atau panel dengan penempatan tanaman yang rapi dan minimalis. Tanaman yang umum digunakan untuk vertical garden minimalis antara lain tanaman hias yang kecil dan tidak membutuhkan banyak perawatan seperti succulent, fern, atau tanaman herba.

Manfaat Taman Vertikal

Kehadiran taman vertikal ini bermanfaat untuk menghidupkan suasana asri di rumah Anda. Meskipun visualisasinya tidak akan bisa seperti taman pada umumnya, namun vertical garden minimalis ini adalah taman ideal yang tidak kalah cantik sebab Anda juga bisa merasakan sejuknya taman di lahan terbatas. Selain menghasilkan oksigen dan memfilter kualitas udara di rumah Anda menjadi lebih segar dan bersih, rumah pun jadi terasa lebih sejuk karena oksigen yang dihasilkan oleh tanaman dari taman vertikal Anda. Tidak hanya baik untuk kesehatan, kehadiran vertical garden ini juga menambah nilai estetika rumah Anda. 

Memiliki rumah dengan adanya sudut vertical garden di area depan maupun belakang rumah memang menjadi salah satu focal point yang membuat rumah menjadi lebih indah. Sebab, adanya vertical garden minimalis di rumah dapat menjadi stress-release setelah seharian beraktivitas hingga menjadikannya spot favorit untuk menghabiskan akhir pekan sambil bersantai dari aktivitas yang melelahkan.

Taman Vertikal, Bagaimana Cara Membuatnya?

Tidak sulit untuk membuat merealisasikan taman vertikal dan bahkan terbilang cukup mudah karena alat dan bahannya pun sangat sederhana. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat vertical garden:

1.  Pastikan Lokasi Terlebih Dahulu

Untuk memilih lokasi yang akan dijadikan vertical garden, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Di antaranya, pastikan lokasi yang Anda pilih memiliki pencahayaan yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pilihlah lokasi yang terpapar sinar matahari langsung atau memiliki akses cahaya yang cukup.

Selain itu, Anda perlu memastikan lokasi yang Anda pilih memiliki akses air dan ventilasi yang baik karena tanaman membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang, dan ventilasi yang baik dapat membantu menghindari pertumbuhan jamur serta membantu udara bersirkulasi.

Pilihlah lokasi dengan ruang yang tersedia, luas bidang yang cukup, serta aman dan stabil untuk menghindari kemungkinan vertical garden jatuh atau menyebabkan kerusakan pada dinding atau lantai. Untuk memilih ruang yang tersedia, pastikan vertical garden tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan tidak menghalangi ruang lalu lintas atau ruang yang diperlukan untuk kegiatan lain di dalam rumah.

2. Tentukan Luas Bidang yang akan Dijadikan Vertical Garden Minimalis

Khususnya untuk menentukan luas bidang yang akan dijadikan vertical garden, Anda dapat memulai menghitung berapa banyak pot dan tanaman yang Anda perlukan untuk membuat taman vertikal dengan mengukur luas bidang vertikal terlebih dahulu. Usahakan dan pastikan dinding yang Anda pilih memiliki struktur yang kokoh. Hal ini bertujuan agar dinding dapat menopang banyak tanaman. Jika luas bidang telah ditentukan, maka saatnya Anda menghitung berapa banyak pot dan tanaman yang bisa ditata di taman vertikal Anda.

3. Sesuaikan Tema Vertical Garden Minimalis dengan Gaya Rumah Anda

Sebelum merealisasikan taman vertikal, pastikan Anda telah membuat konsep vertical garden minimalis yang apik yang sesuai dan cocok dengan gaya rumah Anda. Pilihlah warna-warna yang serasi dengan warna interior atau eksterior rumah Anda. Dalam tema minimalis, warna yang dominan adalah putih, abu-abu, hitam, atau netral. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman dengan warna yang kontras untuk memberikan efek visual yang menarik. Pilihlah tanaman beserta pot atau wadah yang berdesain minimalis dan simpel dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. 

4. Pilah dan Pilih Tanaman yang Sesuai

Secara ideal, tanaman yang sesuai untuk ditanam dengan metode vertical garden minimalis merupakan tanaman yang tahan banting terhadap cuaca, serta lebih butuh minim perawatan agar tidak merepotkan pemilik rumah. Tanaman yang cocok dengan tema vertical garden minimalis adalah tanaman yang memiliki tampilan yang simpel dan elegan, seperti tanaman hias berdaun kecil, tanaman kaktus, atau tanaman anggrek. Hindari tanaman yang memiliki bentuk yang rumit atau daun yang besar.

5. Pilih Media Tanam Siap Guna

Persiapkan dulu semua semua bahan yang dibutuhkan, seperti tanaman, pupuk, pot dengan ukuran yang sama, media tanaman yang siap digunakan, sekop, gunting tanaman, kawat tanaman, serta peralatan lain yang akan digunakan untuk membuat vertical garden minimalis. Setelah ini Anda akan siap untuk mulai membuat struktur taman vertikal yang Anda idamkan.

6. Buatlah Struktur Dinding dengan Kawat Tebal

Pertama-tama, Anda perlu membuat struktur dinding dengan kawat berukuran tebal dengan pipa PVC untuk membingkai vertical garden minimalis Anda yang nantinya akan menopang seluruh material dan komponen yang diperlukan dalam sebuah taman vertikal garden. Anda sebaiknya melapisi PVC ini dengan terpal yang terbuat plastik dengan ketebalan yang cukup agar tidak terjadi risiko keretakan yang mungkin terjadi pada dinding setelah tanaman mulai tumbuh dan pertumbuhan akarnya merusak. Selain itu, metode ini juga dapat mencegah kebocoran akibat rembesan air.

7. Buat Sistem Drainase yang Baik

Tanaman yang ditanam di vertical garden memerlukan nutrisi yang cukup serta air yang memadai agar mereka bisa bertumbuh. Untuk itu, Anda perlu mengatur dan menata proses drainase serta pemupukan yang baik supaya bisa terdistribusi secara merata sehingga tanaman bisa tumbuh secara optimal.

 

Baca Juga : Wujudkan Rumah Idaman Anda Lewat KPR, Begini Tips Jitunya!

 

Itu dia manfaat dan cara membuat vertical garden minimalis. Cukup ikuti langkah-langkah di atas untuk membuat vertical garden minimalis yang Anda inginkan.

Nah, jika Anda memimpikan hunian yang asri, sejuk dan tenang, Permata Cimanggis bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasinya yang strategis dan dekat dengan transportasi modern membuat Permata Cimanggis sangat ideal untuk dijadikan sebagai rumah tinggal bersama keluarga. Beberapa akses transportasi modern yang bisa Anda nikmati beberapa di antaranya seperti Tol Jagorawi, Terminal Jatijajar, Stasiun KA Cibinong, LRT Cibubur, dan Tol JORR 2 akan mempermudah mobilitas Anda bahkan di jam-jam sibuk sekalipun.

Suasana perumahan pun juga terbilang asri karena banyaknya penghijauan di area terbuka hijau dan taman-taman sehingga Permata Cimanggis nyaman untuk ditinggali. Selain itu, sarana seperti tempat ibadah, sport center, taman komunal, taman cluster hingga danau pun semakin mendukung suasana lingkungan dan rumah tinggal yang liveable, nyaman, dan menyenangkan. 

Share
permata cimanggis

alamat:

Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

email:

info@permatacimanggis.co.id

telepon:

(021) 875 3340

sosial media:

MEMBER OF

Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

CONTACT US





    Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Permata Cimanggis*


    © PT PUNINAR TEXTON ASIA

    permata cimanggis

    alamat:

    Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

    Email:

    info@permatacimanggis.co.id

    telepon:

    (021) 875 3340

    MEMBER OF

    Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

    CONTACT US





      Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Permata Cimanggis*


      © 2021 permata cimanggis. PT. Puninar texton asia