Kamar tidur anak-anak harus dibuat nyaman agar anak bisa tidur nyenyak, belajar dengan fokus, dan menikmati waktunya di dalam kamar. Jika kamar terasa pengap dan kurang nyaman, pastinya anak lebih memilih pindah ke ruangan yang lain. Oleh karena itu, orang tua harus mendesain kamar anak sesuai kriteria anak.

Terkadang ada orang tua yang tidak menyesuaikan desain kamar sesuai keinginan dan kebutuhan si anak. Hal ini akan berakibat anak tidak suka menghabiskan waktu di dalam kamar, menciptakan kenyamanan anak di kamar dari berbagai segi, mulai pencahayaan, pengudaraan alami, dan masih banyak lagi. Agar Anda punya referensi membuat kamar anak nyaman, bisa memperhatikan tips berikut ini. 

Tips Membuat Kamar Tidur Anak-Anak Aman

Anda sebaiknya memperhatikan tips berikut ini agar kamar anak yang Anda buat bisa aman untuk anak-anak:

1. Hindari Penggunaan Warna Cat Tembok yang Mencolok.

Hindari menggunakan cat dengan warna berkontras tinggi pada tembok kamar anak. Gunakanlah warna-warna yang netral dan lembut, sehingga merangsang rasa tenang pada kamar anak. Selain itu penggunaan warna yang mencolok akan terlalu menyita perhatian dan mengganggu konsentrasi anak saat belajar atau tidur yang berujung memberikan efek buruk paparan timbal pada anak yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih warna-warna yang lebih tenang atau netral untuk kamar anak. Warna-warna seperti pastel, abu-abu, atau hijau muda bisa menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman bagi anak. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna-warna terang sebagai aksen atau pilihan warna untuk detail-detail seperti jendela atau pintu.

Sekali lagi, penting untuk diingat bahwa setiap anak mungkin memiliki preferensi yang berbeda terkait warna, jadi selalu penting untuk meminta pendapat anak Anda dan mempertimbangkannya saat memilih warna untuk kamar mereka.

2. Atur Pencahayaan dengan Tepat.

Pencahayaan cukup dalam ruangan akan bermanfaat untuk kesehatan anak. Selain itu pencahayaan yang tepat juga akan membantu anak-anak merasa nyaman dan terlindungi, terutama di dalam kamarnya sendiri. Berikut adalah beberapa tips pilihan yang dapat membantu Anda menata pencahayaan di kamar anak:

  • Gunakan cahaya yang terang

Kamar anak harus memiliki cahaya yang cukup terang agar anak-anak dapat melihat dengan jelas saat belajar atau bermain.

  • Gunakan lampu tidur yang lembut

Lampu tidur yang lembut akan membantu anak-anak merasa nyaman saat tidur. Pastikan untuk memilih lampu tidur yang memiliki saklar yang mudah dijangkau sehingga anak-anak dapat mematikannya sendiri jika terbangun di malam hari.

  • Gunakan gorden atau tirai

Gorden atau tirai akan membantu mengurangi cahaya yang masuk ke kamar saat anak-anak tidur. Anda juga bisa menggunakan gorden atau tirai untuk mengatur tingkat kecerahan di kamar anak saat siang hari.

  • Tingkatkan keamanan

Pastikan untuk mengecek kondisi lampu dan kabel listrik di kamar anak untuk memastikan keamanan anak-anak. Jangan lupa untuk menjauhkan lampu dari jangkauan anak-anak agar tidak terjadi kecelakaan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan anak

Jangan lupa untuk mempertimbangkan kebutuhan anak-anak saat menata pencahayaan di kamar. Misalnya, jika anak Anda suka bermain di malam hari, pertimbangkan untuk menambahkan lampu tambahan di area bermainnya.

 

Baca Juga : Wujudkan Rumah Idaman Anda Lewat KPR, Begini Tips Jitunya!

 

3. Sisakan Area sebagai Tempat Bermain.

Bukan hanya sebagai tempat untuk tidur, sisakanlah space ruang pada kamar anak sebagai tempat bermainnya. Area bermain tersebut dapat mengembangkan kreativitasnya dan juga dapat membuatnya merasa nyaman di kamar tidurnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menata tempat bermain di dalam kamar anak:

  • Pertimbangkan ukuran kamar saat menentukan lokasi tempat bermain. Jika kamar kecil, pertimbangkan untuk menggunakan ruang di sudut atau di dekat jendela sebagai tempat bermain.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan anak saat menentukan lokasi tempat bermain. Misalnya, jika anak Anda suka bermain dengan mainan yang besar, pertimbangkan untuk menempatkan tempat bermain di area yang lebih luas.
  • Gunakan pemisah ruang atau penghalang untuk memisahkan tempat bermain dari bagian lain dari kamar. Ini akan membantu menjaga mainan yang tersebar di seluruh kamar dan membuat tempat bermain terlihat lebih rapi.
  • Gunakan rak mainan untuk membantu menyimpan mainan dengan lebih teratur dan memudahkan anak-anak untuk mengambil mainan yang mereka inginkan.
  • Sediakan tempat duduk seperti kursi atau bantal yang nyaman untuk anak-anak saat bermain. Ini akan membantu mereka merasa nyaman saat bermain.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, Anda akan dapat menata tempat bermain di dalam kamar anak dengan lebih baik dan memastikan bahwa anak-anak memiliki ruang yang cukup untuk bermain dengan mainan mereka.

4. Hindari Interior dan Benda-benda Bersudut Tajam.

Anak-anak terutama usia aktif biasanya belum memahami manakah benda yang berbahaya untuknya. Misalnya dengan hindari menata rak dengan sudut yang tajam, juga meletakkan benda-benda tajam seperti gunting, penggaris besi atau lainnya. Berikut ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pilih tempat tidur yang aman untuk anak. Pastikan tempat tidur memiliki headboard yang tidak memiliki sudut tajam dan tidak mudah terlepas. Jika Anda menggunakan lemari, pastikan lemari tidak mudah terguling dan tidak memiliki sudut tajam yang terlihat.
  • Hindari menempatkan mainan atau benda lain yang mudah terlepas di dekat tempat tidur anak. Pastikan mainan dan benda lainnya disimpan dengan aman di dalam lemari atau rak yang tidak mudah terjangkau oleh anak.
  • Gunakan penutup sudut pada meja atau lemari yang memiliki sudut tajam. Penutup sudut ini bisa dibeli di toko perlengkapan bayi atau di toko online.
  • Pilih lampu tidur yang aman untuk anak. Pastikan lampu tidur tidak mudah terlepas dan tidak memiliki sudut tajam yang terlihat.
  • Pilih karpet yang tidak licin untuk kamar tidur anak. Karpet licin dapat menyebabkan anak tergelincir dan terluka.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat membuat kamar tidur anak menjadi lebih aman dan nyaman untuk tidur dan bermain. Tentunya kamar tidur yang aman dan nyaman untuk anak akan membantu tumbuh kembangnya dan meningkatkan kebahagiaan. Dengan mengusung slogan “Healthy Living in Nature”, Permata Cimanggis merupakan perumahan yang akan mendukung konsep sejuk dan asri dari hunian Anda. Permata Cimanggis terletak di lokasi strategis, di wilayah Depok. Perumahan ini memiliki aksesibilitas yang tinggi dilengkapi berbagai fasilitas-fasilitas lain yang menunjang kenyamanan penghuninya.

Leave a Reply

permata cimanggis

alamat:

Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

email:

info@permatacimanggis.co.id

telepon:

(021) 875 3340

sosial media:

MEMBER OF

Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

CONTACT US

© 2021 permata cimanggis. ateraland group

permata cimanggis

alamat:

Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

Email:

info@permatacimanggis.co.id

telepon:

(021) 875 3340

MEMBER OF

Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

CONTACT US

© 2021 permata cimanggis. PT. Puninar texton asia