Memiliki halaman rumah yang indah dan hijau adalah idaman bagi banyak orang. Untuk mendapatkan itu, menjaga kebersihan halaman rumah adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena halaman adalah bagian pertama yang dilihat oleh tamu atau pengunjung yang datang ke rumah. Selain itu, halaman juga merupakan tempat di mana kita melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain dengan anak-anak atau mengadakan acara bersama keluarga atau teman-teman. Namun, seringkali halaman rumah kita menjadi sarang bagi hewan dan serangga yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan kita.

Hewan seperti tikus, ular, semut, dan kecoa dapat membahayakan kesehatan dan kenyamanan kita. Tikus dan ular dapat menjadi sumber penyakit, sedangkan semut dan kecoa dapat mengganggu kenyamanan dengan kehadiran mereka yang sangat mengganggu. Selain itu, serangga seperti nyamuk dan lalat dapat menyebarkan penyakit dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu cara menjaga kebersihan rumah termasuk bagian halaman untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kita.

Baca Juga: Pentingnya Memilih Lingkungan Tempat Tinggal yang Sehat dan Asri

Tips Menjaga Kebersihan Halaman Rumah

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kebersihan halaman rumah dan mencegah hewan dan serangga masuk ke dalam rumah Anda. Dengan melakukan tindakan ini, Anda dapat menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan lebih aman dan nyaman.

Segera Buang Sampah pada Tempat Pembuangan Sampah

Langkah pertama yang harus diambil untuk menjaga kebersihan halaman adalah dengan membuang sampah pada tempat pembuangan sampah. Buang sampah organik dan non-organik pada tempat yang tepat, jangan menumpuknya di halaman atau mencampurnya dengan kompos. Sampah yang terlalu lama dibiarkan di area halaman rumah akan menarik hewan dan serangga, dan menyebabkan masalah kesehatan dan keamanan. Anda harus memastikan halaman rumah Anda bersih karena penyakit datang dari kebiasaan kotor, seperti membiarkan halaman rumah yang penuh dengan tumpukan sampah.

Rutin Menyapu Halaman dan Gunakan Desinfektan di Area yang Lembap dan Kotor

Serangga dan hewan lain biasanya mengincar area yang lembab dan kotor karena di sinilah mereka bisa mendapatkan makanan dan berkembang biak. Contoh area yang biasa lembap dan kotor adalah pojok halaman rumah dan area dekat bak sampah di luar rumah. Ditambah lagi, area sudut halaman rumah biasanya cenderung lebih gelap dibanding area lain. Akibatnya, banyak serangga atau hewan lain suka tinggal di area tersebut. Untuk menghindarinya, Anda bisa secara rutin menyapu halaman rumah dan menyemprotkan desinfektan di area halaman rumah untuk mencegah area halaman tetap kering dan bersih.

Rutin Menjaga Kebersihan Saluran Pembuangan 

Serangga juga suka bernaung di saluran pembuangan. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk mengecek saluran pembuangan terutama di halaman atau luar rumah untuk memastikan saluran bersih dan tidak tersumbat. Saluran yang tersumbat oleh kotoran dan sampah membuat air tidak dapat mengalir dengan lancar. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan saluran pembuangan luar rumah secara teratur.

Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus seperti pipa air bertekanan tinggi atau pembersih saluran khusus untuk membersihkan saluran pembuangan luar rumah. Lakukan pembersihan secara rutin setidaknya sekali dalam sebulan dan perhatikan jenis limbah yang dibuang agar tidak menyebabkan saluran tersumbat. Pastikan untuk tidak membuang kotoran, sampah, atau bahan-bahan kimia seperti cat atau bahan-bahan lain yang dapat merusak saluran pembuangan.

Selain membantu mencegah banjir dan menjaga kesehatan lingkungan sekitar, perawatan saluran pembuangan yang tepat juga dapat membantu menghemat biaya perbaikan dan pemeliharaan jangka panjang. Pastikan untuk selalu menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat membersihkan saluran pembuangan luar rumah.

Sebisa Mungkin, Pastikan Tidak Ada Genangan Air di Area Sekitar Rumah

Sepele tapi penting, memastikan tidak adanya genangan air di halaman rumah akan mencegah berkembang biaknya serangga dan nyamuk yang dapat mengganggu bahkan membahayakan kesehatan Anda dan keluarga, seperti penyakit malaria atau demam berdarah. Tutup penampung air dan bersihkan secara rutin area yang berpotensi menyebabkan adanya genangan air, termasuk pot, talang air, dan kolam ikan atau kolam renang.  Jika Anda memiliki tanaman air di halaman rumah, bersihkan dan ganti air secara rutin untuk menghindari adanya genangan yang dijadikan tempat tinggal oleh nyamuk, ya.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Rumah Lembab Saat Musim Hujan

Tanam Tanaman Aromatik

Tanaman aromatik seperti lavender, rosemary, mint, dan kemangi sering digunakan untuk membantu menjaga hewan dan serangga tetap menjauh dari halaman Anda. Tanaman-tanaman ini juga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar halaman Anda, serta memberikan aroma yang menyenangkan.  

Misalnya, untuk mencegah ular masuk, Anda dapat menanam Lidah Mertua, Marigold, Kaktus, Holly, Wormwood, Basil atau Daun Kemangi, Serai, Jeruk Purut, Sambiloto, dan Bawang. Sedangkan untuk mengusir nyamuk dan serangga, Anda dapat menanam Lemon Balm, Catnip, Lavender, Kemangi, Peppermint, Mint, Sage dan Rosemary, Marigold, dan Geranium.

Segera Bersihkan Sisa Makanan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, berilah tempat khusus dengan jam rutin saat memberi makan. Selain itu, wajib hukumnya untuk segera membersihkan sisa-sisa makanannya agar tidak mengundang hewan lain untuk datang.

Hindari Menumpuk Barang dan Kayu di Halaman Rumah

Serangga dan hewan berbisa sangat menyukai tumpukan barang atau tumpukan kayu untuk dijadikan tempat tinggal. Nah, jika Anda membiarkan halaman rumah penuh dengan kayu atau barang bekas, serangga dan ular akan menemukan tempat bersembunyi dan berkembang biak. Segera tata ulang dan tutup area yang memungkinan hewan untuk tinggal jika Anda tidak ingin di halaman rumah Anda menjadi sarang hewan.

Pangkas Tanaman dan Bersihkan Halaman Rumah Secara Rutin dan Menyeluruh

Memiliki tanaman yang banyak  di halaman rumah akan membuat lingkungan rumah menjadi asri dan sejuk. Namun jika Anda tidak membersihkan dan memangkas tanaman serta rumput secara rutin justru bisa membuat halaman rumah Anda menjadi kotor, gelap, hingga menjadi sarang hewan. Jadi, pastikan Anda rutin membersihkan area halaman rumah hingga bebas sampah agar tidak disinggahi oleh serangga atau ular, ya. 

Selain itu, pastikan Anda merawat semua tanaman dan rutin memangkasnya agar tidak menjadi rimbun. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk rutin memangkas tanaman yang cepat rimbun, akan lebih baik untuk menggunakan jasa tukang kebun atau pertimbangkan menyingkirkan tanaman tersebut demi keamanan.

Itu dia beberapa tips menjaga kebersihan halaman rumah dan beberapa cara agar hewan tidak masuk ke dalam rumah. Pastikan Anda melakukan tips di atas demi terjaganya rumah bersih dan bebas hewan, ya.  Selamat mencoba!

Nah, jika Anda sedang mencari rumah tinggal dengan lingkungan yang asri dan aman, Permata Cimanggis adalah pilihan yang tepat. Perumahan Permata Cimanggis dikembangkan di area seluas 72 hektar dan telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas perumahan, seperti sarana ibadah, sarana olahraga (jogging track, lapangan basket, sport club yang terdiri dari kolam renang dan lapangan bulu tangkis indoor), taman cluster dan taman komunal, serta danau. Segera hubungi marketing kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Share
permata cimanggis

alamat:

Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

email:

info@permatacimanggis.co.id

telepon:

(021) 875 3340

sosial media:

MEMBER OF

Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

CONTACT US





    Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Permata Cimanggis*


    © PT PUNINAR TEXTON ASIA

    permata cimanggis

    alamat:

    Ruko Emerald Blok CC 1,2,3 & 5. Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, 16467

    Email:

    info@permatacimanggis.co.id

    telepon:

    (021) 875 3340

    MEMBER OF

    Pasal Sanggahan: Seluruh gambar, keterangan, informasi, data dan spesifikasi dalam materi promosi ini bukan bagian dari kontrak jual beli, namun hanya merupakan kondisi terakhir hasil terjemahan dari RENCANA ARSITEKTUR ke dalam bentuk gambar atau fotografi hasil rekaan dengan menggunakan model/contoh, yang perubahannya dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari Pihak Developer dan/atau Pihak Lain yang menjadi sumber informasi dan data.

    CONTACT US





      Dengan mengisi formulir ini, saya bersedia untuk dihubungi lebih lanjut dan menerima informasi terkait promosi dari Permata Cimanggis*


      © 2021 permata cimanggis. PT. Puninar texton asia