Bicara soal pindah rumah, pastinya tidak jauh dari kata ribet dan melelahkan. Pasalnya, pindah rumah tidak hanya membutuhkan waktu, tapi juga fisik dan mental yang kuat karena Anda harus memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan membuat proses pindahan menjadi lebih lama.
Belum lagi, masih ada proses yang melelahkan sebelum pindah rumah yakni saat packing barang sesuai klasifikasinya agar lebih mudah saat dipindahkan, walau hal ini akan memudahkan Anda sehingga membuat pindah rumah terasa menyenangkan.
Untuk mendapatkan momen pindahan rumah yang jauh dari kata melelahkan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut agar proses pindah rumah menjadi lebih terorganisir dan lebih efektif.
1. Rapikan Barang dan Klasifikasikan berdasarkan Jenis Barangnya
Sebelum pindah rumah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merapikan barang-barang yang ada di rumah lama. Agar lebih mudah, Anda dapat mengklasifikasikan barang sesuai dengan jenisnya terlebih dahulu, lalu rapikan barang tersebut ke dalam dus atau boks agar lebih mudah dan terorganisir.
Contoh, Anda dapat mengelompokkan baju anak dan baju orang dewasa menjadi satu boks khusus pakaian. Pun, Anda juga bisa meletakkan mainan anak dalam boks terpisah atau aksesoris dan hiasan rumah dalam boks lainnya. Klasifikasi semacam ini akan mempermudah Anda dalam memindahkan barang-barang Anda ke rumah baru.
2. Pastikan Keperluan Packing Cukup
Sebelum mengemas atau mengepak barang, pastikan kebutuhan mengepak sudah tersedia dengan cukup. Beberapa kebutuhan packing yang harus Anda siapkan, antara lain adalah dus atau boks, selotip, koran bekas, dan lainnya. Hal ini akan menghindarkan kemungkinan ketersediaan packing habis di tengah-tengah proses.
3. Sediakan Boks atau Kardus yang Kuat agar Tidak Jebol
Agar barang-barang Anda tidak berantakan, pastikan untuk menyiapkan dus atau boks dengan ketebalan yang cukup. Akan sangat tidak lucu jika saat proses pengangkatan barang dus atau boks tiba-tiba jebol karena ternyata kurang tebal atau kurang kuat.
Anda dapat membeli dus atau boks dengan keterangan heavy duty untuk menyimpan barang berat, seperti buku-buku atau barang elektronik. Anda pun dapat membagi barang-barang berat menjadi beberapa dus kecil daripada menjadikannya tumpah ruah dalam satu dus besar karena lebih rawan jebol.
4. Tandai Boks atau Kardus untuk Memudahkan Identifikasi Jenis Barang
Jangan lupa, setelah memasukkan barang ke boks atau dus pindahan, tandai boks tersebut agar lebih mudah untuk dikenali saat berada di rumah baru. Anda dapat menandainya dengan memberikan kode warna atau label nama dan menempelkannya pada boks atau dus tersebut.
Misal, Anda dapat menuliskan “baju”, “buku”, “mainan”, atau semacamnya. Anda juga dapat memberikan label atau kode warna, seperti warna hitam untuk perlengkapan kamar mandi, kuning untuk barang yang ada di kamar tidur, merah untuk barang di kamar anak, dan lain sebagainya.
5. Berikan Perlindungan Tambahan pada Barang yang Mudah Pecah
Anda dapat memberikan perlindungan tambahan pada barang-barang Anda yang mudah pecah atau mudah rusak seperti lampu, alat elektronik, gelas, piring, dan lainnya. Anda dapat menambahkan bubble wrap untuk perlindungan ekstra atau koran dan kardus berlapis untuk mencegah kemungkinan barang pecah atau rusak.
6. Kemas Barang di Rumah berdasarkan Ruangan agar Lebih Mudah
Ada baiknya untuk memisahkan dan mengepak barang Anda berdasarkan jenis dan jumlah ruangan di rumah Anda. Anda dapat memisahkan barang-barang Anda dari kamar dalam satu dus, pun dengan ruangan lain, seperti barang dari ruangan kamar utama, kamar anak, kamar mandi, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda pada saat membongkarnya di rumah baru.
7. Survei Ruang di Rumah Baru sebelum Pindah
Sebelum pindah dan mengangkut barang Anda ke rumah baru, pastikan bahwa ruangan di rumah baru Anda cukup untuk menampung barang lama Anda. Jika tidak, maka Anda harus mengurangi barang-barang Anda dari rumah lama Anda agar tidak berjubel di rumah baru. Anda jadi lebih mudah dalam mengatur barang di rumah baru dan menghemat waktu juga saat pembongkaran.
8. Berkemas Lebih Cepat agar Lebih Cepat Selesai
Berkemas di menit-menit terakhir memang menyenangkan. Tapi, akan sangat merepotkan bila tiba-tiba Anda memiliki kesibukan di akhir waktu sebelum pindah. Lakukan packing jauh-jauh hari untuk menghindari stres atau sibuk di menit-menit terakhir.
Jika Anda tidak punya waktu lebih, Anda juga dapat menggunakan atau menyewa jasa profesional, seperti petugas kebersihan dan atau jasa pindahan untuk meringankan Anda dalam proses pindah rumah.
9. Buat Daftar Moving Checklist untuk Memudahkan Pengecekan
Saat mengepak barang, pastikan Anda telah membuat daftar packing terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda mengecek barang di rumah baru Anda dan meminimalkan kemungkinan barang hilang atau tertinggal saat proses transisi pindahan ke rumah baru.
10. Pilih Waktu Pindahan yang Tepat
Seringkali Anda meremehkan kapan waktu yang tepat untuk pindahan dan tidak mengindahkannya. Namun, Anda kelabakan saat tiba-tiba ada kerjaan mendadak atau kegiatan yang tidak dapat ditunda di hari pindahan Anda. Untuk meminimalkan hal ini terjadi, Anda dapat menandai tanggal pada kalender Anda sebagai pengingat kapan Anda pindah, sehingga Anda dapat mengosongkan hari tersebut dari jadwal lain.
Nah, itu dia 10 tips pindah rumah secara efektif dan anti ribet yang bisa Anda terapkan agar proses pindah rumah menjadi menyenangkan dan tidak merepotkan. Persiapan pindah rumah yang matang akan membuat pindah rumah menjadi proses proses yang mudah dan lebih terorganisir.
Jika Anda berencana untuk pindah ke perumahan Permata Cimanggis, maka itu adalah pilihan yang tepat. Permata Cimanggis adalah perumahan yang dikembangkan sejak tahun 2006 di lahan seluas 72 Ha yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap, seperti sarana olahraga, sarana ibadah, lapangan futsal, lapangan basket, dan fasilitas sport club dengan kolam renang dan lapangan bulu tangkis indoor yang dapat dinikmati oleh warga perumahan. Jika Anda tertarik untuk pindah ke perumahan Permata Cimanggis, hubungi marketing kami di sini.